BEST FRIEND

BEST FRIEND

Sabtu, 08 Oktober 2011

ANALISIS JURNAL 1

JUDUL              :  Pengaruh kualitas produk dan tingkat kepuasan konsumen terhadap
 Loyalitas pelanggan pada produk makanan Tela Kreezz
PENGARANG    :  Agyl Satrio Hutomo
TEMA               : ­ Kepuasan Konsumen


LATAR BELAKANG MASALAH
            Kegiatan pemasaran sekarang sudah mulai difokuskan pada pemuasan kebutuhan konsumen. Pada umumnya setiapa usaha bertujuan untuk mencarai keuntungan, tujuan tersebut tidak terlepas dari kegiatan pemasaran. Pemasaran itu sendiri sudah harus dipikirkan jauh hari sebelumnya, agar lebih tepat pada sasaran konsumen. Karena konsumen yang potensial akan mempertimbangkan berbagai factor diantaranya, factor kualitas produk, kepuasan konsumen dan fasilitas yang ada sebelum memilih tempat yang dapat memberikan kepuasan tertinggi terhadap konsumen.
            Umunya masyarakat modern kini memiliki banyak aktifitas, khususnya yang terletal di perumahan, perkantoran, sekolah. Mobilitas tersebut berdampak pada semakin banyaknya orang yang menghabiskan waktunya diluar rumah. Biasanya kalangan pelajar, mahasiswa, dan karyawan lebih suka mencari jenis makanan ringan dengan harga yang murah dan memiliki cita rasa yang tinggi. Hal ini disesuaikan dengan kelompok masyarakat dengan ekonomi yang cukup, cenderung memilih jenis makanan ringan yang murah sesuai dengan kondisi keuangan mereka
            Demikian juga dalam mengambil keputusan alternative pilihan jenis usaha, para pemilik modal akan mempertimbangkan berbagai factor dalam menjalankan usahanya, factor tersebut diantaranya meliputi kualitas produk dan kepuasan konsumen dalam memberikan kepuasan tersendiri terhadap pembeli.

MASALAH PENELITIAN
1.      Apakah kualitas produk mempunyai pengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan?
2.  Apakah kepuasan konsumen mempunyai pengaruh yang positif terhadap loyalitas pelanggan?
3.      Apakah kualitas produk, kepuasan konsumen secara bersana mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan?

TUJUAN PENELITIAN
1.      Untuk mengenalisis tentang pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan
2.      Untuk menganalisis pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan
3.      Untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, dan kepuasan konsumen secara bersama terhadap loyalitas pelanggan


METODOLOGI PENELITIAN
            Kualitas produk dan kepuasan konsumen merupakan factor utama yang dapat mempengaruhi terciptanya loyalitas konsumen terhadap produk

 

VARIABEL :
a.      XI  = Kualitas produk
b.      X2 = Kepuasan Konsumen
c.       Y   = Loyalitas pelanggan

TAHAPAN PENELITIAN :
1.      Tekhnik Penarikan Sampel
Metode yang digunakan adalah simple random sampling, yaitu teknik sampling dimana peneliti mempunyai pilihan pribadi dalam memilih individu yang akan menjadi anggota sampel

2.      Besaran  Sample
Besaran  sampel merupakan banyaknya individu, subjek atau elemen dari populasi yang diambil sebagai sampel. Berikut ini rumus yang dapat digunakan untuk mengetahui jumlah sampel minimal untuk sebuah penelitian :
a.      Rumus untuk mengetahui jika ukuran populasinya besar, artinya ukuran sampel yang akan diperoleh besarnya kurang dari 5% populasi. Rumusnya :
n =   α / 2  ( 1 – π   )

                       2
Nilai € terbesar jika € = π (1 – π) adalah 0,5 (1 – 0,5) = 0,25

Nilai level of significance pada confidence level 95% adalah 1% dan kemungkinan kesalahan sampel (sample error ) ditetapkan 10%, maka nilai n adalah:

n = Z² α / 2π_ ( 1 – π_ )
                    €²
n = α / 2π_ ( 0,25 )
                   €²

n = Z² α_ / 2
         4 €²
n =   1,96 ²
     4 ( 0,10 )²
n = 96,04

Sehingga mengacu pada rumus di atas maka sampel minimal pada penelitian ini adalah 96 responden.

b.  Besarnya sampel minimu untuk penelitian deskriptif adalah sebanyak 100 responden. Berdasarkan pertimbangan rumus dan pendapat diatas, maka ditetapkan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden.

ANALISIS DATA
            Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini telah diuji, yakni uji validitas dan uji reabilitas. Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kualitas produk dan tingkat kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan, data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis regresi

HASIL
            Sekitar 40 % loyalitas dapat ditentukan oleh kualitas produk dan kepuasan konsumen, sedangkan sisanya disebabkan oleh factor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Dapat disimpulkan, bahwa pengaruh dari kedua variable tersebut yaitu kualitas produk dan kepuasan konsumen mempunyai pengaruh yang cukup baik terhadap loyalitas pelanggan terhadap produk. Maka dalam hal ini pemilik usaha harus dapat meningkatkan kembali strategi pemasaran yang sudah ada agar dapat memaksimalkan kedua factor tersebut untuk terciptanya loyalitas pelanggan terhadap produk.
            Presentase kontribusi partial kualitas produk sebesar 21,87 % dan besarnya presentase kontribusi partial kepuasan konsumen adalah sebesar 71,13 %, dalam hal ini bahwa variable tingkat kepuasan konsumen yang sangat besar kontribusi partialnya terhadap loyalitas pelanggan produk makanan Tela Kreezz.

IMPLIKASI
1.      Dari perspektif kualitas produk, maka outlet tela krezz harus tetap menjaga mutu kualitas produk tersebut, agar mampu menghasilkan pengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan.
2.     Dari perspektif tingkat kepuasan konsumen yang dinilai sangat positif serta berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, maka pemilik usaha harus memberikan pelayanan yang lebih baik lagi
3.  Untuk penelitian selanjutnya masukan variable harga dan produk tela lainnya guna mengembangkan hasil penelitian yang di lakukan sebelumnya.





ANALISIS JURNAL 2

JUDUL                          : Pengaruh kepuasan konsumen terhadap kesetiaan merek (the prime
 steak & ribs Surabaya)
PENGARANG               : Hatane Samuel Foedjiawati
TEMA                          : Kepuasan Konsumen


LATAR BELAKANG MASALAH
            Masyarakat modern ditandai dengan aktifitas kerja yang tinggi serta adanya kesempatan yang sama untuk dapat bekerja bagi setiap orang yang mempunyai kempetensi tanpa diskriminasi. Aktifitas tersebut berdampak pada semakin banyak wanita pekerja yang menghabiskan waktu diluar rumah, sehingga kesulitan dalam menjalankan aktifitas sebagai ibu rumah tangga termasuk menyediakan makanan bagi keluarga. Keluarga dengan ekonomi cukup, cenderung memilih makan diluar rumah dengan memilih tempat restoran atau café, selain cita rasa yang enak pilihan menu juga lebih bervariasi serta suasana yang menyenangkan.
            The Prime Steak & Ribs salah satu restoran yang membuka usahanya pada 11 November 2002. Restoran ini mencoba masuk dalam persaingan yang sudah ketat, berdasarkan hasil survey awal ada fenomena bahwa konsumen restoran ini makin hari makin banyak dan terlihat ada kesetiaan dari pelanggannya. Hal ini yang membuat peneliti ingin menganalisis tingkat kesetiaan pelanggan restoran ini berdasarkan tingkat kepuasan mereka. Hasil peneltian di harapkan bias menjadi masukan manajemen untuk mengevaluasi keberhasilan dalam mengolah restoran.

MASALAH PENELITIAN
1.      Apakah pengaruh kepuasan konsumen terhadap kesetiaan merek ?
2.      Apakah factor keseringan makan di tempat mempengaruhi kesetiaan merek?

TUJUAN PENELITIAN
1.      Mengetahui seberapa besar hubungan antara kepuasan konsumen dengan kesetiaan merek dari pelanggannya.
2.      Mengetahui yang menyebabkan kepuasan konsumen terhadap kesetiaan merek

METODE PENELITIAN
1.      Jenis penelitian
Jenis penelitisn yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan konklusif, yang tujuannya untuk mendeskripsikan atribut-atribut kepuasan konsumen dan kesetiaan merek, kemudian dicari hubungan kausal antar kepuasan konsumen dengan kesetiaan merek tersebut 

2.      Identifikasi Variable dan Model Statistika
Variable tidak bebas ( Y ) adalah kesetiaan merek yang diukur melalui atribut, habitual behavior, switching cost, liking of the brand dan commitment. Variabel bebas ( X ) adalah kepuasan konsumen yang dikelompokan menjadi :
·         X1 = Attributes related to the product
·         X2 = Attributes related to the service
·         X3 = Attributes related to the purchase
Model statistika yang dipakai untuk menyatakan hubungan kausal antara kedua variable adalah model regresi berganda ;
Y = β0 + β1X1 + β2X2 + β3X3 + €

3.      Populasi, Sampel dan Data
Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen restoran The Prime steak & Ribs yang berdomisili di Surabaya dengan sampel diambil secara acak sederhana berdasarkan nomor pengunjung dalam 1 minggu pertama dan terakhir. Data diperoleh melalui kuesioner yang di jawab responden terhadap pernyataan yang dibuat tentang kesetiaan produk dan kepuasan konsumen.

ANALISIS DATA
            Penilaian responden untuk atribut- atribut variable kesetiaan merek, terlihat bahwa atribut keseringan makan di restoran mendapat penilaian yang kurang sering dengan variasi yang cukup tinggi, namun hal ini tidak akan mengurangi penilaian terhadap pelayanan yang diterima, karena pelayanan yang diberikan restoran sudah memenuhi standar.
           
HASIL
1.     Kepuasan konsumen yang dijelaskan oleh attributes reated to the product, attributes related to the service, attributes related to the purchase di the Prime Steak & Ribs mendapat penilaian yang cenderung baik, walaupun terdapat beberapa atribut yang mendapat penilaian kurang baik.
2.     Kepuasan konsumen untuk beberapa atribut masih mempunyai variasi penilaian yang tinggi, hal ini tentu berkaitan dengan segmentasi konsumen yang berbeda dengan tuntutan pelayanan yang berbeda pula.
3.      Atribut keseringan makan di restoran memunyai nilai yang rendah dapat merupakan suatu kelemahan dalam mengukur kesetiaan merek.
4.      Terdapat hubungan pengaruh positif yang signifikan antara kepuasan konsumen dengan kesetiaan merek, hal ini menunjukan bahwa penelitian ini mendukung teori tentang kesetiaan merek

IMPLIKASI
1.      Restoran The Prime steak & Ribs dapat menggunakan kartu anggota bagi pelanggan setia, agar dapat mudah melakukan evaluasi terhadap pelayanan restoran
2.      Dilihat dari variasi penilaian kepuasan konsumen, maka sangat dimungkinkan untuk restoran melakukan stimuli yang dapat menaikan kesetiaan konsumen, hal ini juga didukung oleh pengaruh positif antara kepuasan konsumen dengan kesetiaan merek pada penelitian ini.


ANALISIS JURNAL 3

JUDUL              : Tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan 
                              bakso subur di wilayah Bekasi
PENGARANG   : Laura Neliana
TEMA              : Kepuasan Konsumen

LATAR BELAKANG
            Kepuasan konsumen adalah Perasaan senang dan kecewa seseorang sebagai hasil perbandingan antara prestasi dan produk yang dirasakan dan diharapkan. Kebutuhan pelanggan adalah sebagai karakteristik yang mewakili dimensi yang oleh pelanggan dipergunakan sebagai dasar pendapat mereka mengenasi jenis barang atau jasa. Kualitas jasa adalah tingkta keunggulan yang diharapkan dan pengendalian atas tingkat keunggulan tersebut untuk memenuhi keinginan pelanggan.
            Pemasaran merupakan salah satu unsur dalam kegiatan usaha, terutama makanan siap saji, kebijakan yang diambil dalam pemsaran akan mempengaruhi maju mundurnya usaha tersebut, karena yang dihadapi saat ini bukan hanya pelayanan saja, tetapi yang paling penting adalah beberapa cara pemasaran yang dapat digunakan untuk mempengaruhi pembeli.
            Dalam hal mengahdapi persaingan didunia usaha, Bakso Subur mencoba menciptakan pelayanan yang baik serta cita rasa yang berbeda dengan usaha sejenis yang lainnya, berdasarkan hal itu penulis tertarik untuk menganalisis tingkat kepuasan yang dirasakan oleh semua konsumen Bakso Subur. Untuk meningkatkan usaha diperlukan beberapa cara, salah satunya yaitu dengan meningkatkan kepuasan konsumen maka tingkat penualan dipastikan akan naik. Oleh karena itu konsumen harus terpuaskan, nila tidak akan berdampak buruk bagi usaha itu tersendiri.

MASALAH PENELITIAN
1.      Apakah variabel yang paling dominan dalam membentuk kepuasan konsumen pada Bakso Subur?
2.      Apa strategi yang dilakukan Bakso Subur dalam menarik konsumen?
3.      Apakah jasa pelayanan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan konsumen Bakso Subur?

TUJUAN PENELITIAN
1.      Untuk mengetahui variabel yang paling dominan dalam membentuk kepuasan konsumen Bakso Subur
2.      Untuk mengetahui strategi yang digunakan Bakso Subur untuk menarik konsumen
3.      Untuk mengetahui pengaruh dari jasa pelayanan dengan kepuasan konsumen

METODE PENELITIAN
1.      Objek Penelitian
Objek pada penelitian ini adalah semua konsumen Bakso Subur
2.      Metode Pengambilan Sampel
Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik purposive sampling dengan jenis sampelnya adalah simple random sampling. Respondennya adalah konsumen yang berada di Bakso Subur pada saat pengambilan data dilakukan
3.      Metode Pengumpulan Data
Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner sehingga responden dapat memberikan jawaban atas pertanyaan yang tertulis.
4.      Alat Analisis
Pada penelitian ini, alat analisis yang digunakan oleh penulis adalah dengan menggunakan uji CHI SQUARE dan uji SKALA LIKERT.

ANALISIS
            Dari 20 responden, sebanyak 25% pelanggan menyatakan sangat puas, 40% pelanggan menyatakan puas, 25% pelanggan menyatakan cukup puas, 10% menyatakan kurang puas dan 0% pelanggan menyatakan tidak puas.

HASIL
1.      Rata- rata konsumen merasa puas dengan keseluruhan pelayanan yang diperikan oleh Bakso Subur
2.      Pelayanan yang diberikan sangat berpengaruh dengan kepuasan konsumen
3.      Variabel yang sangat berpengaruh terhadap kepuasan konsumen adalah cita rasa makanan dari Bakso Subur
4.      Strategi yang digunakan untuk menarik konsumen adalah dengan menigkatkan kualitas produk dan meningkatkan pelayanan

IMPLIKASI
1.      Bakso Subur harus meningkatkan kualitas produk dan pelayanan yang ramah
2.      Untuk peneliti selanjutnya agar dimasukan variabel harga

1 komentar:

  1. Bandar Bola Dengan Pasaran Terbaik Indonesia Hadir Dalam Android, Iphone, dan Laptop
    Tersedia Pasaran Sbobet - Maxbet - 368Bet
    Bonus Deposit Pertama 10% / Cashback 5% - 10%
    Yuk Gabung Bersama Bolavita Di Website www. bolavita .fun
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    BBM: BOLAVITA
    WA: +628122222995

    https://bolavitasport.news/2019/02/18/prediksi-bola-chelsea-vs-manchester-united-19-februari-2019/

    https://www.judisabungayam.co/jadwal-pertandingan-sv388-kungfuchicken-online-19-februari-2019

    BalasHapus